5 Tools Yang Harus Kamu Miliki Untuk Belajar SEO

5 Tools Yang Harus Kamu Miliki Untuk Belajar SEO

SEO merupakan suatu tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website yang kamu miliki. Optimasi ini dilakukan untuk menilai apakah website kamu layak untuk mendapatkan posisi teratas dalam pencarian atau tidak. SEO sendiri merupakan proses yang tiada akhir yang artinya kamu harus mengoptimalkan website kamu secara terus – menerus. 

Proses optimasi memiliki beberapa manfaat yaitu memberikan informasi yang relevan, menjadikan mesin pencari sebagai sumber yg andal dan mendatangkan lebih banyak traffic organic. Maka sayang sekali jika kamu memiliki konten website yang bagus tetapi minim pengunjungnya. Tapi, bagaimana sih cara kerja search engine? Search engine memiliki 3 tugas utama yaitu :

  1. Crawling: Crawling akan mengumpulkan informasi dari seluruh website
  2. Indexing: setelah informasi terkumpul, lalu web crawler akan menyimpannya di entry list
  3. Ranking: hasil peringkat akan ditampilkan secara berurutan, berdasarkan pencarian yang paling sesuai.

Apa saja tools yang diperlukan?

Bila kamu ingin melakukan SEO website atau online shop kamu, ada banyak tools yang bisa mempermudah proses SEO kamu. Berikut ini 5 tool SEO yang perlu kamu gunakan

1. Google Search Console (GSC)

Search Engine Watch

Tool ini berguna untuk memeriksa kesehatan website kamu dan melakukan fungsi on-page SEO seperti 

  • Apakah ada malware
  • Apakah Google mengalami kendala dalam crawling dan index website
  • Apakah ada pelanggaran aturan Google (penalty) saat melakukan link building
  • Hal-hal yang bisa disempurnakan dalam optimasi meta tag
  • Apakah sitemap sudah dipasang dengan benar atau masih ada error
  • Untuk menghilangkan website kamu dari hasil search Google
  • Untuk mendapatkan notifikasi dari tim Google (terutama jika ada manual penalty)
  • Untuk mengetahui website apa saja yang melakukan backlink ke website
  • Dan masih banyak lagi 

Cara menggunakanya kamu harus memiliki akses Gmail terlebih dahulu. Lalu kamu sudah bisa langsung login di www.google.com/webmasters, terakhir lalukanlah validasi dengan tujuan untuk memastikan website tersebut milik kamu. 

2. Google Analytics

Kamu bisa gunakan tool ini secara gratis atau bayar, tool ini sangat berguna untuk mengetahui data – data visitor website kamu seperti jumlah page views, new visitor, returning visitor, dapat juga browser apa yang digunakan visitor kamu dan masih banyak lagi. Cara menggunakannya sama dengan tool google search control, kamu bisa login melalui website https://www.google.com/analytics atau pun kamu bisa download aplikasinya. 

3. Tool Untuk Cek Backlink Kompetitor

Datamaya

Jika sebuah website mendapatkan backlink dalam jumlah yang banyak, berkualitas, dan relevan, maka semakin besar potensinya untuk berada di halaman 1 Google. Artinya, jika kompetitor kamu memiliki posisi yang bagus di Google, bisa jadi dia memiliki banyak backlink dari website lain.sehingga kita bisa mengetahui dari mana saja backlink tersebut berasal, kita juga bisa mendapatkan backlink yang sama dengan kompetitor kita. Fitur – fitur yang tersedia di dalam blacklink adalah:

  • Mengetahui jumlah backlink kompetitor, dan dari mana saja sumbernya
  • Mengetahui Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) dari backlink tersebut
  • Mengetahui PageRank (PR) dari backlink tersebut
  • Mengetahui apakah backlink tersebut dofollow atau nofollow
  • Mengetahui anchor text dari backlink tersebut

Beberapa tools backlink yang umumnya digunakan pelaku SEO adalah Ahrefs (berbayar), MOZ (berbayar), SEMrush (berbayar), Majestic SEO (berbayar), RankSignals (gratis)

4. Tool untuk Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Arsip hukum dan bisnis Indonesia

Tool ini berguna pada saat kamu melakukan link building untuk SEO. Menurut Google, link berkualitas adalah link yang berasal dari website yang berkualitas juga. Jadi,  salah satu tolak ukur “berkualitas” ini adalah dilihat dari DA dan PA sebuah website. Salah satu tool yang bisa dipakai adalah add-on SEO dari MOZ yang bisa dipasang di browser Chrome dan Mozilla secara gratis. Setelah add-on tersebut terpasang di browser Anda, maka Anda bisa langsung mengetahui PA dan DA sebuah website pada saat Anda mengunjunginya.

5. CopyScape untuk Cek Konten Duplikasi (Jiplakan)

Blong Kang Tora

Tool ini tersedia secara gratis dan berbayar, dengan tool ini kamu bisa mengetahui apakah ada konten jiplakan saat akan melakukan SEO atau tidak. Cara menggunakannya mudah kamu hanya perlu memasukan URL website dan kamu akan mengetahui apakah ada website lain yang menduplikasi konten kamu. 

Itu dia 5 tools yang harus kamu gunakan dalam melakukan SEO rekomendasi Monocle, semoga bermanfaat ! 

monocle-logo
We're here to help you reach authenticity of your company by consistently deliver result through evolving marketing techniques and new developments.

Ask Us a Question

Let Us Hear From You