8 Perbedaan SEO dan SEM

8 Perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM tidak bisa dilepaskan dari dunia digital marketing, apalagi akhir-akhir ini, dimana terjadi pergeseran market, yang tadinya dominan offline, sekarang bisa dibilang berimbang. Kedua istilah tersebut pelan tapi pasti akan semakin dikenal. SEO sendiri merupakan kependekan dari Search Engine Optimization, sedangkan SEM kependekan dari Search Engine Marketing.

Apa sajakah perbedaannya SEO dan SEM?

1. Organik VS Berbayar

Perbedaan utama antara SEO & SEM adalah pada penggunaan biaya. Jika SEO berfokus pada trafik pada hasil pencarian organik , maka SEM akan berfokus pada trafik berbayar yang ditujukan untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian.

2. Hasil yg membutuhkan waktu VS hasil instan

Hasil yang diperoleh melalui SEO, akan memakan waktu, tidak serta merta akan muncul di mesin pencarian Google. Biasanya akan membutuhkan waktu 1 bulanan untuk melihat hasilnya. Sementara, dibandingkan dengan SEM, relatif lebih cepat. Dan SEM juga bisa dimatikan dan dihidupkan sewaktu-waktu. 

3. Terdapat ikon Ad pada SEM atau Search Engine Marketing

Untuk hasil pencarian pada mesin pencari Google, hasil SEM akan memberikan tanda. Tanda ini sudah berevolusi dari masa ke masa. Dari yang awalnya diberikan warna berbeda, hingga sekarang SEM hanya memberikan tanda Ad.

4. Untuk jangka panjang, SEO atau Search Engine Optimization sangat direkomendasikan

Kenapa untuk jangka panjang SEO direkomendasikan? Pada dasarnya, SEM ini akan aktif jika kita membayar untuk tampilan iklan tersebut. Jika kita tidak membayarnya, maka SEM tidak akan aktif. 

Sementara berkebalikan dengan SEO. SEO itu akan selalu berjalan dan hasilnya akan bisa bertahan lebih lama pula. Dan pada akhirnya, SEO ini akan lebih murah, dengan catatan, website anda bisa dikembangkan kredibilitasnya pada mesin pencarian.

5. SEO tidak bisa digunakan untuk testing, sementara SEM bisa

Strategi yang sering digunakan pada SEM adalah, dengan menjalankan A/B Testing. Kenapa? Dengan banyak melakukan A/B Testing, kita akan tahu, keyword mana yang akan lebih banyak menghasilkan click, atau leads, ataupun yang sesuai dengan KPI dari SEM. Dan kenapa SEM bisa dijalankan A/B Testing? Karena hasil SEM bisa diwujudkan dalam hal singkat. Sementara hal ini berkebalikan dengan SEO. Hasil SEO membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan SEM.

6. Hasil Click SEO lebih tinggi dari pada SEM

Hasil dari data, pada dasarnya tiga pencarian teratas pada mesin pencarian google, akan mendapatkan click, atau yang biasa disebut Click Through Rate / CTR terbanyak. Maka, apabila hasil website Anda di mesin pencarian Google masuk ke dalam 3 besar, maka kemungkinan besar akan mendapatkan klik lebih banyak dibandingkan dengan SEM. Namun, jika hasil pencarian website anda pada mesin pencari Google ada di halaman kedua atau berikutnya, maka hasil CTRnya akan lebih sedikit dibandingkan dengan SEM.

7. SEM bisa memilih target market

Keuntungan menggunakan SEM ini adalah, kita bisa memilih target yang akan mendapatkan atau menampilkan iklan kita, berdasarkan umurnya, lokasi, yang sudah datang atau belum ke website kita, dan masih banyak lagi. Sementara dari SEO, kita tidak bisa melakukan hal tersebut. Kita hanya bisa menargetkan berdasarkan keyword saja.

8. SEO lebih membutuhkan teknikal lebih banyak pada website

Tidak dipungkiri lagi, untuk menjalankan SEO, kita butuh memahami teknikal website yang lebih banyak. Karena pada dasarnya, SEO itu terdiri dari 2 bagian, yaitu on page dan off page. DIbagian On PAge ini, kita harus sangat memahami struktur & teknikal website yang benar. Sementara, SEM itu lebih bertumpu pada search volume keyword dan turunannya.

Nah, kamu sudah mulai merasa pusing dengan dunia digital marketing? Jangan panik, di Monocle.id, kami dapat membantu memenuhi semua kebutuhan dari SEOmu. Kamu tinggal menyerahkan kepada kami, dan abrakadabra, kami akan menjalan strategi SEO untukmu. Jangan ragu untuk menghubungi Monocle.id. Kami siap berdiskusi kebutuhan digital marketing kamu.

monocle-logo
We're here to help you reach authenticity of your company by consistently deliver result through evolving marketing techniques and new developments.

Ask Us a Question

Let Us Hear From You