Mengenal Apa Itu Digital Marketing?

Mengenal Apa Itu Digital Marketing?

Dalam satu hari, hal apa yang paling banyak menguras waktumu? Apakah itu tidur? Bekerja? Berolahraga? Pada umumnya, generasi millenial tidur kurang lebih 6 jam dalam sehari dan bekerja 8 jam sehari. Lalu, apa yang paling banyak terjadi dari sisa waktu yang kurang lebih 10 jam? Kebanyakan orang menghabiskan waktunya di dalam dunia maya.

Menakutkan? Itu kenyataannya, di era serba maju ini, semua ada dalam genggaman. Lapar? Kamu tinggal memencet-mencet tombol di ponsel pintarmu dan makanan akan segera diantarkan kepada mu. Bosan atau suntuk? Kemungkinan kamu akan bolak-balik di laman media sosial dan melihat-lihat kehidupan orang-orang baik yang kamu kenal maupun tidak. 

Jika kamu tidak mau bisnismu ketinggalan, ini saatnya terjun ke dunia digital. Tenang, Monocle akan menjelaskan apa itu digital marketing dan tipe-tipenya kepada kamu.

Apa Itu Digital Marketing?

Sederhananya, digital marketing adalah segala produk atau jasa yang dipasarkan menggunakan alat-alat elektronik. Dilansir dari investopedia, digital marketing adalah penggunaan internet, perangkat telepon, social media, mesin pencari, dan kanal lainnya untuk mencari customer. 

Apa Saja Tipe Digital Marketing?

Menurut kami, terdapat 9 tipe digital marketing, yaitu:

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses perkembangan visibilitas produk atau jasa di mesin pencari seperti Google. Misalnya seseorang mencari produk handuk dengan keyword “handuk cantik” dan akan muncul beberapa website atau produk di halaman mesin pencari. Tiap orang yang mencari produk tersebut akan memiliki pengalaman berbeda, tergantung dari kata kunci, lokasi pengakses, dan sejarah browsing si calon pembeli tersebut. Algoritma mesin pencari berubah-ubah tergantung interaksi dan SERP (Search Engine Results Pages) website atau produkmu. SERP adalah hasil yang keluar dari handphone atau layar PC calon pembeli.

Search Engine Marketing and Pay-Per-Click Advertising

SEM adalah SEO yang dibayar oleh perusahaan supaya website atau produk mu tampil di halaman hasil carian si pengakses. Contoh SEM adalah PPC atau Pay Per Click. Sesuai namanya, PPC adalah saat mesin pencari seperti Google atau media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Twitter meminta bayaran kepada perusahaan setiap kali iklan mereka di klik.

Social Media Marketing

Social media marketing adalah salah satu bentuk digital marketing yang paling populer saat ini. Mengapa tidak? Dengan kampanye iklan di media sosial, kamu bisa meningkatkan brand awareness dengan cara yang lebih intim. Dengan sosial media pula kamu bisa mendengar feedback dari pembeli yang bisa jadi bahan evaluasi produkmu.

Segala sesuatu yang kamu lakukan dalam Facebook, Instagram, Twitter atau LinkedIn untuk meningkatkan traffic atau bisnis mu adalah social media marketing. Jika post-postmu berkualitas baik dan diramu dengan sebaik mungkin, kamu akan meraih lebih banyak pembeli.

Content Marketing

Sesuai namanya, content marketing berarti meraih pembeli potensial dengan “konten”. Misalnya penggunaan blog, ebook, kursus online, infografik, podcast, atau seminar online. Misalnya jika kamu menjual produk pakan hewan, kamu bisa membuat konten video youtube mengenai tutorial cara memilih pet food terbaik. Dengan ini kamu sudah membuat konten yang relevan dan berkualitas, mengedukasi klien sembari melakukan soft selling pada akhirnya dengan mempromosikan produkmu.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah membayar seseorang atau sebuah website untuk mempromosikan produk atau jasanya. Komisi diberikan setiap ada penjualan sesuai dengan perjanjianmu dengan pihak affiliate. Misalnya Amazon membayar beberapa website yang telah menjual produknya.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah membayar influencer di Instagram dan Youtube untuk mempromosikan produk atau jasa mereka di Instagram milik influencer yang memiliki banyak followers untuk meningkatkan followers dan traffic ke social media brand milikmu.

Email Marketing

Jangan sepelekan email marketing, meskipun bisa disalahartikan dengan email spam, email marketing bisa memberimu ruang untuk memberitahu update terbaru kepada subscriber secara rutin. Hal ini tidak bisa dijamin dari bentuk digital marketing lainnya. Orang-orang yang telah menjadi subscriber brand milikmu lebih mungkin menjadi pembeli aktif.

Viral Marketing

Viral marketing adalah post yang brandmu buat sesuai dengan hal yang sedang “viral” di dunia maya. Post yang trendy, lucu, atau unik yang bisa membuat postmu di share dan di-repost banyak orang. Hal ini akan meningkatkan traffic secara tinggi dalam waktu singkat.

Mobile Phone Advertising

Sering mendapat sms atau telepon tawaran suatu produk atau jasa? Hal itu termasuk dengan mobile phone advertising. Dengan telepon, kamu bisa mendapat jawaban yes or no secara langsung dari calon pembelimu.

Selesai sudah pengenalan Digital Marketing versi Monocle. Semoga bermanfaat ya! Pilih bentuk digital marketing yang sesuai dengan visi dan misi produk atau jasa buatanmu.

monocle-logo
We're here to help you reach authenticity of your company by consistently deliver result through evolving marketing techniques and new developments.

Ask Us a Question

Let Us Hear From You