Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Tim Digital Marketing Inhouse VS Agency?

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Tim Digital Marketing Inhouse VS Agency?

Disaat pandemi seperti ini, terjadi perubahan perilaku dalam berbisnis. Seperti pepatah yang mengatakan, “Adopt or Die”. Siapa yang tidak mau beradaptasi, maka akan mati. Nah, perilaku pasar manakah yang berubah? Perilaku pasar yang berubah adalah lebih banyak melakukan transaksi melalui kanal digital. Hal ini juga memaksa para pelaku bisnis harus berubah.  

Untuk tetap menjaga pertumbuhan bisnis, maka tim digital marketing sangat dibutuhkan oleh perusahaan maupun para pelaku bisnis. Baik membuat tim digital marketing inhouse maupun dengan memanfaatkan jasa dari agency. Dimana, tim digital marketing ini akan menjadi mata panas baru dalam menjalankan strategi marketing dengan tren sekarang ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah, manakah yang lebih baik antara membangun tim digital marketing in-house ataukah menggunakan jasa agency? Yuk, kali ini Monocle akan memberikan beberapa tips mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan tim digital marketing inhouse

Nah, mempunyai tim digital marketing inhouse sendiri memiliki tantangan dan keuntungan tersendiri. Apa sajakah?

1.Memahami strategi marketing sepenuhnya

Manfaat utama dari mengelola tim digital marketing internal adalah kita sudah memahami dan familiar dengan tim tersebut, karena 24/7/365 kita selalu intens berkomunikasi. Selain itu, tim digital marketing juga sudah paham dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini akan mempermudah menentukan strategi digital marketing yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan target dari pemilik brand.

2. Cepat berkomunikasi

Nah, salah satu kunci dalam mengelola tim digital marketing adalah komunikasi. Dan keuntungan memiliki tim digital marketing inhouse adalah, bisa berkomunikasi secara cepat.

Sehingga jika ada perubahan dan penyesuaian, maka bisa dijalankan secara cepat. Selain cepat, komunikasi antara tim internal tentunya akan lebih efektif, karena anggota tim biasanya sudah saling mengenal dengan baik.

3. Sumber daya yang berdedikasi

Nah, dedikasi dari tim internal digital marketing tidak ada yang mengalahkan. Karena rasa “ownership” yang dimiliki. Sehingga, biasanya hasilnya akan berbeda dengan tim digital marketing eksternal. 

Kekurangan tim digital marketing in-house

Setiap kelebihan, selalu ada kekurangan. Nah, apa saja sih, kekurangan dari tim digital marketing in-house?

1.Cepat merasa bosan

Bosan ini sering terjadi dengan tim internal. Karena mereka akan dihadapkan pekerjaan yang sama dari waktu ke waktu. Kampanye marketing yang panjang, kemungkinan besar akan membuat mereka cepat menjadi bosan dan kehilangan motivasinya.

2. Manpower yang kurang

Ini sering terjadi jika bisnis sedang dimulai. Biasanya 1 orang tim akan merangkap dengan bagian yang lain, sehingga kita akan susah membuat tim yang ideal. Sehingga membuat target pekerjaan akan susah dipenuhi.

Kelebihan tim digital marketing eksternal atau Agency

Nah, setelah kita memahami kekurangan dan kelebihan dari tim internal digital marketing, kini saatnya kita mencoba melihat, apa sih kelebihan dan kekurangan jika kita menggunakan jasa tim digital marketing eksternal atau agency.

1.Mendapatkan pandangan atau perspektif baru

Dengan memakai jasa agency digital marketing, biasanya mereka sudah mempunyai banyak pengalaman, sehingga bisa memberikan banyak perspektif baru di kampanye marketing pada berbagai area bisnis. Dan yang sering menjadi andalan para agensi, adalah ide-ide  out of the box, bahkan kadang ide-ide no box yang bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau pemilik brand. 

2. Tim yang sudah berpengalaman

Tim digital marketing dari agency akan sangat membantu. Perusahaan atau pemilik brand tidak perlu pusing mengenai hiring kandidat, training, dan yang lainnya. Kelebihan dari agency digital marketing adalah, tim mereka sudah berpengalaman dan  profesional, atau pun training tim tersebut. Karena para agensi tersebut sudah profesional dan memiliki tim berpengalaman, sudah banyak mengerjakan kampanye-kampanye dari berbagai bidang. 

Sehingga, kapanpun dibutuhkan, mereka sudah siap untuk mengkonsep dan menjalankan sebuah kampanye marketing yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Banyak kampanye marketing yang menjadi viral dan sukses, hasil kerja keras dari sebuah Agency digital marketing.

Kekurangan tim digital marketing eksternal atau agency

Apa sih yang menjadi kekurang sebuah tim digital marketing dari agency atau eksternal? Yuk, coba kita simak.

1.Tidak fokus pada satu brand

Tim agency digital marketing atau outsource, biasanya mereka menjalankan banyak kampanye marketing pada saat yang bersamaan. Sehingga, agency akan menjadi tidak fokus ke satu brand atau perusahaan saja. Apalagi dengan segala pengalaman yang dimiliki oleh agency tersebut. Ini yang menjadi pemilik brand atau perusahaan takut menggunakan agency.

2.Sulitnya mencari agency yang sesuai

Disaat ini, digital marketing sedang mengalami tren yang luar biasa naiknya. Ditambah, dunia marketing dari dahulu merupakan dunia yang sangat kompetitif. Oleh karena itu, dibutuhkan kejelian dari perusahaan dan pengguna jasa agency digital marketing, agar mendapatkan tim yang tepat, sehingga tidak akan menyulitkan kedepannya. Karena, apabila tidak bisa bekerja sama dengan baik, maka yang menjadi taruhan adalah kampanye marketing.

Nah, di Monocle.id, semua sudah dipertimbangkan dengan baik. Monocle akan siap membantu kampanye digital marketing mulai dari membuat strategi, eksekusi, monitoring dan evaluasi hingga reporting. Jangan ragu untuk menghubungi Monocle.id. Kami siap berdiskusi kebutuhan digital marketing Anda.

monocle-logo
We're here to help you reach authenticity of your company by consistently deliver result through evolving marketing techniques and new developments.

Ask Us a Question

Let Us Hear From You