Mengenal Perbedaan Sales VS Marketing VS Branding

Mengenal Perbedaan Sales VS Marketing VS Branding

Dalam setiap perusahaan pasti memiliki departemen yang berbeda-beda dan juga tugas masing-masing. Baik itu bagian finance, HR, teknologi, marketing, desain, sales, maupun branding. Namun ada beberapa divisi yang tidak jarang orang menganggap bahwa hal tersebut merupakan suatu kesamaan baik tugas maupun definisinya masing-masing. 

Siapa sangka ternyata sales, marketing, dan branding merupakan hal yang berbeda. Walaupun kesannya tujuan atau fungsi dari ke tiga departemen ini seperti hal yang sama, namun pada kenyataannya, mereka adalah departemen yang memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Apa itu perbedaannya? Yuk mari kita simak artikel berikut ini.

Perbedaan Sales, Marketing, dan Branding

#1 Sales

Dilihat dari pengertiannya, sales adalah suatu bagian dari perusahaan yang tugasnya ialah menjual dimana seorang sales harus memastikan setiap barang yang terlihat maupun yang tidak terlihat laku tidak hanya dengan harga yang sudah ditetapkan pada perencanaan di awal tetapi juga sesuai dengan kesepakatan konsumen. 

Lalu apabila dilihat dari proses kerjanya, seorang sales juga akan secara langsung berhadapan dengan konsumen namun ada juga yang dilakukan melalui media, seperti telepon maupun media sosial. Atau dapat dikatakan, sales adalah kegiatan yang dilakukan dengan adanya interaksi secara langsung antara kedua belah pihak. Selain itu fungsi dari sales itu sendiri adalah melayani konsumen dengan membantu mereka mendapatkan apa yang sedang dicari.

#2 Marketing

Sedangkan marketing, ialah mereka yang bertugas untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan produk, dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Agar tim sales dapat mengerjakan tugasnya dengan baik maka perlu adanya kerja sama dengan tim marketing yang akan membantu pada analisis pasar, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dapat dikatakan bahwa di belakang tim sales terdapat tim marketing yang membantu dengan memikirkan cara promosi, pangsa pasar, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya. Dengan kata lain, tim marketing bertugas menyiapkan konsep, alat, dan strategi agar konsumen tertarik, sedangkan tim sales bertugas melayani konsumen agar produk dapat laku terjual. 

#3 Branding

Untuk branding sendiri, branding berasal dari kata brand atau merek. Ketika kita berpikir tentang brand maka hal yang akan terlintas dipikiran kita adalah sebuah logo, nama, maupun icon suatu perusahaan yang sudah tertanam di pikiran kita. Sebagai contoh, ketika kita berpikir tentang pasta gigi, maka kita akan langsung menyebutkan odol, padahal odol adalah sebuah nama merek. Selain itu juga ketika kita berpikir air mineral, maka hal yang langsung muncul di pikiran kita adalah AQUA. 

Branding itu adalah sebuah cara atau proses menciptakan pengenalan positif akan perusahaan, sehingga akan melekat di benak konsumen. Sebuah merek akan memastikan loyalitas pelanggan Anda, sementara pemasaran akan mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda. Tetapi, apakah konsumen akan membeli atau tidak, hal tersebut akan tergantung pada merek itu sendiri. Maka dari itu branding akan sangat menolong baik tim marketing maupun tim sales pada setiap konsumen untuk mendorong mereka membeli barang yang ditawarkan. 

Nah itu tadi perbedaan dari sales, marketing, maupun branding. Semoga setelah membaca penjelasan singkat dari artikel ini dapat menolong anda memahami apa sebenarnya perbedaan dari ketiga hal tersebut.

monocle-logo
We're here to help you reach authenticity of your company by consistently deliver result through evolving marketing techniques and new developments.

Ask Us a Question

Let Us Hear From You