Simak Perbedaan Copywriting dan Content Writing!

Simak Perbedaan Copywriting dan Content Writing!

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa copywriting maupun content writing merupakan suatu hal yang sama. Keduanya memang merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan dunia tulis-menulis namun yang membedakan adalah tujuan dari tulisan tersebut. Apa saja perbedaan copywriting dan content writing?

Berdasarkan Search Engine Journal, copywriting merupakan kegiatan menulis demi iklan, promosi atau pemasaran. Sedangkan tujuan dari content writing adalah untuk menghibur dan memikat audiens online sehingga mereka dapat bertahan lebih lama di situs web dan terlibat dengan brand”. 

Untuk lebih jelasnya lagi, yuk mari kita simak artikel berikut ini!

Perbedaan Copywriting dan Content Writing

#1 Copywriting

Copywriting adalah sebuah kegiatan menulis bersifat informatif yang lebih komersial. Tujuannya adalah agar pembaca tertarik untuk menggunakan atau membeli produk yang dijual ataupun yang ditawarkan. Seorang yang bekerja sebagai copywriting juga banyak terlibat dalam pembuatan teks maupun script pada iklan di TV, radio, ataupun media lainnya. Dibutuhkan kemampuan seseorang untuk berpikir kreatif agar mampu membuat kata-kata yang unik tanpa mengurangi nilai informasi yang akan diberikan. Kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang copywriter adalah:

  • Kreatif

Dalam dunia copywriting hal utama yang harus dimiliki ialah kreatif. Karena tidak jarang seorang copywriter dihadapkan pada topik-topik yang tidak familiar namun tetap harus mampu menciptakan kata-kata yang baru, hal tersebut akan sangat-sangat menantang.

  • Berkemampuan untuk menulis dengan baik

Seorang copywriter dituntut untuk bisa selalu menulis dengan baik apapun situasi dan keadaannya. Serta memiliki kemampuan terkait tata bahasa, tanda baca, dan memiliki kosakata yang luas.

  • Memiliki rasa penasaran yang tinggi

Agar memiliki kosakata yang luas maka seorang copywriter harus memiliki rasa penasaran yang tinggi agar ketika dihadapkan pada topik yang tidak familiar, ia mampu untuk menyelesaikannya dengan baik.

  • Mengerti user experience 

Ini adalah sebuah nilai tambah apabila seorang copywriter juga mengerti akan user experience. Apa tujuannya? Yaitu agar mengetahui apa yang menjadi ketertarikan user dengan membuat artikel utama yang dicari oleh user, keywords berdasarkan kebutuhan user dan juga pembuatan konten berdasarkan kapasitas user. 

#2 Content Writing 

Sedangkan content writing adalah menulis sebuah konten yang relevan sesuai website atau sesuai dengan permintaan klien. Biasanya konten-konten yang dibuat ialah artikel yang lebih panjang dan detail. Seorang content writer akan mempertimbangkan pembuatan kata kunci yang erat kaitannya dengan SEO atau Search Engine Optimization agar artikel yang dibuat dapat dengan mudah ditemukan oleh user yang sedang ingin mencari tahu tentang sesuatu. Adapun kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang content writer adalah:

  • Editing

Seorang content writer harus mampu untuk membuat sebuah tulisan yang baik dengan meminimalisirkan kesalahan. Sehingga kemampuan yang dibutuhkan seorang content writer adalah mampu mengedit tulisannya sendiri agar enak dan mudah dibaca oleh user. 

  • Mampu menganalisa dengan baik

Kemampuan menganalisa dengan baik merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh content writer agar bisa menghasilkan konten dengan kredibilitas yang baik. 

  • Mengerti SEO

Seorang content writer harus mampu mengerti SEO atau Search Engine Optimization yang akan digunakan dalam konten yang akan dibuat.

  • Mudah beradaptasi

Setiap website maupun klien memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda oleh sebab itu seorang content writer harus mampu menyesuaikan dengan karakter yang sesuai agar sesuai dengan target audience yang ingin dicapai.

Jadi itulah perbedaan dari copywriting dan content writing dari Monocle. Walaupun keduanya merupakan hal terkesan sama namun memiliki tujuan dan pengertian yang berbeda. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan bagi yang membaca!

monocle-logo
We're here to help you reach authenticity of your company by consistently deliver result through evolving marketing techniques and new developments.

Ask Us a Question

Let Us Hear From You